Pada Tiga Buah Nama

MasyaAllah, Tabarakallah

Si sulung, Rutbah Nazih, dalam doanya, artinya golongan yang bersih. Membawa doa insyaAllah Mas Jiji adalah seorang yang bersih, jujur, amanah, jernih pikir dan hatinya.

Si tengah, Henvenia Hamimah, dalam doanya, artinya selalu bersemangat meraih yang terbaik. Membawa doa insyaAllah Mbak Mima adalah seorang yang tangguh, selalu bersemangat dalam menggapai cita-citanya, cita-cita yang terbaik, yang bagus di pandanganNYA, meraih hal-hal yang baik, terbaik dalam pandanganNYA.

Si bungsu, Hania Khasova, lahir tujuh tahun setelah si tengah, dalam doanya, artinya ceria, bahagia, jujur, amanah dan suci. Membawa doa insyaAllah Adek Hania adalah seorang yang selalu diberkahi kebahagiaan, jujur dan amanah, dan selalu menjaga dan dijaga kesucian jiwa dan raganya. Selalu bersyukur dan mengingatNYA.

Doa dalam nama mereka setidaknya dapat tergambar dalam sikap dasar mereka. Seperti Mas Jiji yang suka berkata jujur, suka komen ceplas ceplos, apa adanya alias ga neko neko, suka mengingatkan kita apabila kita tidak sesuai dengan yang pernah kita ajarkan, selalu berhati hati memilih makanan mana yg cukup higienis dan aman untuk dimakan, masyaAllah sering mengingatkan bahwa sesuatu itu disukai atau tidak disukai Allah. Dan semua memang dalam proses, sisi anak anak yang kadang memberontak pun masih ada padanya, semoga Allah selalu membimbingnya kepada kebenaran dan berbuat yang benar sesuai perintahNYA.

Mbak Mima, adalah pribadi yang selalu bersemangat. Bahkan cenderung ngotot hehe. Selalu ingin menjadi terbaik, ranking 1, dan semacamnya. Tidak bisa diam dan ngotot keinginannya terpenuhi. Hal sederhana dalam keseharian contohnya, potongan semangka hendak yang bentuk setengah lingkaran tanpa dipotong2 lagi, baginya itu bentuk potongan terbaik, ayam goreng adalah seperti bentuk ayam goreng kesukaan upin ipin, bentuk lain, bukan ayam goreng hahaha. Saat beli sesuatu, karena jarak usia yang sangat dekat dengan kakaknya, kami belikan bersamaan, uniknya dia, ingin miliknya tetap yang terbaik dengan disimpang rapi, tapi bila ingin main, milik kakaknya yang direcokin wkwkwkwk. InsyaAllah semakin ke depan semakin memahami apa itu terbaik bagi Allah.

Si kecil Hania, masih bayi. Suka tersenyum, sedikit saja menangis manja. Suka menyapa dan mengajak ngobrol dengan kemampuan bablingnya. Selalu mengawali sapa dengan senyum manisnya. InsyaAllah kebahagiaan akan selalu memberkahinya. Kesyukuran akan selalu menjadi limpahan rahmat dariNYA.

(2020)